Ditawar 2M & Akan Didatangi Tim Ahli Untuk Mempelajarinya, Lengan Robot Sutawan Rusak Kehujanan

Posted on 2016-01-24 07:08






 


Tangan robot milik I Wayan Sumardana atau biasa dipanggil Tawan, mengalami kerusakan. Tawan memprediksi kerusakan tangan robot miliknya disebabkan kerusakan pada sistem listrik akibat terkena air hujan.

ternyata tangan robot mikin Pak Tawan rusak kena air hujan, menurutnya kerusakan ini akibat konslet ketetesan air hujan soalnya rumahnya pada bocor.

sayang juga ya padahal udah mau diteliti sama para ahli, pak Tawan bilang mau segera memperbaikinya, ujar salah satu wartawati.

Sebelumnya, lengan robot milik Sutawan ini  menarik banyak anyak media dan perusahaan profit menyambangi bengkel kerjanya memastikan karya Sutawan.

Alhasil, pria yang tangan kirinya lumpuh sejak Agustus 2015 itu mengaku kelelahan.

Selain dari media dan pejabat, jelas Sutawan, yang datang juga para akademisi dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Surabaya.

Mereka menanyakan seputar rancangan tangan robotnya.

“Dengan banyaknya kunjungan ke sini, tenaga saya agak terkuras. Nggak enak kalau nggak menemani mereka (pengunjung). Istirahat agak kurang, kerjaan juga terbengkalai,” jelas Sutawan 

Tak hanya para awak media dan pejabat yang datang, beberapa perusahaan profit, diakuinya, sempat meneleponnya.
 
Mereka menawar rancangan robotnya dengan harga yang cukup fantastis.
 
Tawaran paling mahal sebesar Rp 2 miliar dari perusahaan elektronik.
 
Namun Sutawan mengaku tak akan menjual rancangannya itu kepada perusahaan komersil.
“Sudah berapa perusahaan yang hubungi saya, cuma ditolak. Alat ini untuk masyarakat yang tak mampu dan membutuhkan. Bukan untuk dijual,” terang Sutawan.
 
Dia berharap tangan robot itu bisa dipatenkan oleh pemerintah daerah agar masyarakat yang benar-benar membutuhkan bisa menikmati hasilnya.
 
Mereka yang memiliki kekurangan dari sisi fisik, bisa menggunakannya.
 
Sehingga mereka bisa beraktivitas seperti biasa dan mampu mencari nafkah untuk anak istrinya.
 
”Melalui robot ini kehidupan keluarga bisa terbantu,” ungkap Sutawan.
 
Namun netizen banyak keaslian dari lengan robot tersebut. Banyak netizen dari berbagai bidang akademisi meragukan kemampuan lengan robot tersebut setelah melihat rangkaian elektronik yang terbuat dari bekas motherboard mouse komputer.

Terkait klaim Sutawan tentang lengan robot lengannya yang rusak karena air hujan saat rumahnya bocor, netizen mulai banyak yang meragukan Sutawan apakah dia berbohong atau tidak. Meskipun ujar Sutawa akan segera memperbaikinya, namun moment dimana tim ahli dari kementrian dan para pakar dari berbagai perguruan tinggi akan menanyakan rancangan serta mempelajari lengan robot tertunda, semakin menguatkan menguatkan prasangka netizen tentang kebohongan ini.

id: kaskuseraktif

Rusak atau "Sengaja Dirusak" ?
bisa juga...
paling ujung2nya si tawan hoax ini bilang butuh sokongan dana untuk buat lagi,, udah mulai mau nipu nih si tawan,,, kemaren bohong besok nipu,

 
Arinal Haq Benbadri
biar beritanya imbang narasumbernya jangan dari Bli Tawannya aja dong. wawancarain juga profesor2 berilmu dari universitas di Bali tanyain apakah alat/teknologi yang Bli Tawan buat ini masuk akal diciptakan pada saat ini. kalo perlu Bli Tawannya pertanggungjawabkan secara ilmiah. Media harus mencerdaskan masyarakat, jangan sampai memberitakan yang menipu.

 

 







Artikel Menarik Lainnya

Posted on 2015-11-08 10:00
Posted on 2015-10-30 21:14