Jangan Remehkan Amarah dan Doa Ibu

Posted on 2015-11-04 15:00





Biasanya apa yang Anda lakukan ketika anak melakukan kesalahan? Misalnya, saat ia dengan atau tanpa sengaja menumpahkan makanan ke lantai sehingga piring pecah dan makanan pun berserakan, atau Anda bersusah payah membujuk ia untuk mandi tapi ia tak bergegas mandi juga, anak sulit mengerjakan PR, atau masalah lain. Apakah Anda dengan spontan membentak dan memarahi anak? Apa yang Anda katakan saat mereka melakukan kesalahan didepan Anda?

Bunda, sungguh apa yang Anda katakan saat Anda marah pada anak sebenarnya itu adalah doa. Seperti kisah nyata dari seorang imam besar masjidil haram Syekh Abdurrahman as-Sudais. Dulu, sudais  dikenal anak yang sangat nakal. Suatu ketika, Sudais sedang bermain pasir di depan rumah. Saat itu, ayah dan ibunya sedang kedatangan tamu penting. Ibunya menyiapkan hidangan kambing untuk disantap sang tamu. Saat masakan telah siap dan dihidangkan, Sudais kecil berulah. Ia dengan polos, menaburi sajian kambing dari ibunya dengan pasir. Sontak, kejadian ini membuat ibunya marah. Tapi, sungguh, hanya kata-kata kebaikan yang meluncur dari  lisannya. “Pergilah, semoga Allah menjadikanmu imam Masjidil Haram,” kata ibunya.

Dan, benarlah doa orang tua itu mustajab. Sudais yang dikenal nakal masa kecilnya kini menjadi imam besar Masjidil Haram. Suaranya didengar bukan hanya di Makkah, melainkan di seluruh dunia.

Tak terlintas dalam hati sang ibu, bagaimana mungkin anak yang nakal dan malas belajar bisa menjadi seorang imam Masjidil Haram? Namun, perkataan seorang Muslim adalah doa. Apalagi, doa orang tua untuk  anaknya. Rasulullah SAW bersabda, “Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi (kemakbulannya), yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizalimi.” (HR Abu Daud).

Seorang ibu yang baik tidak akan pernah melontarkan perkataan yang buruk pada anaknya. Maka Bunda, petiklah hikmah dari kisah nyata ini, dan mari kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berhentilah memarahi anak dengan perkataan kasar, karena ucapan seorang ibu adalah doa.

Wallahualam

shafira.com







Artikel Menarik Lainnya

Posted on 2015-11-08 10:00