Di Suruh Melamarkan Gadis Pujaanya, Malah Dinikahi Sendiri

Posted on 2016-05-02 11:39





Suatu ketika, Salman mengajak sahabatnya Abu Darda untuk menemani Salman melamar gadis pujaannya dari Bani Laits. 

Ketika keduanya sudah ssampai rumahnya dan dipersilahkan masuk oleh tuan rumah, Abu Darda pun masuk dan mengutarakan maksud kedatangannya, yaitu melamarkan anak perempuan tuan rumah untuk sahabatnya, Salman al Farisi. Abu Darda pun menyebutkan segala kebaikan  dan kelebihan Salman, kedahuluannya masuk Islam dan juga ke-Islamnya.
 
Melihat bagaimana cara Abu Darda menyebutkan kebaikan Salman, dan sikap Abu Darda memperlakukan sahabatnya.Maka ayah sang gadis berkata , "Kami tidak akan menikahkannya dengan puteri kami, akan tetapi kami akan menikahkanmu dengan puteri kami."
 
Orang tua si gadis ini mengatakan bahwa mereka sudah berazam untuk menikahkan puterinya dengan orang yang berbangsa Arab dan kebetulan Abu Darda adalah orang Arab. Sedangkan sahabatnya, Salman al Farisi adalah orang ajam (bukan dari bangsa Arab) yaitu orang Persia.
 
Maka Abu Darda pun menikah dengan gadis pujaan Salman al Farisi, lalu Abu Darda menemui Salman dan berkata, "Sesungguhnya telah terjadi sesuatu dan sesungguhnya aku malu untuk menyebutkannya atau menceritakannya padamu."
 
Salman berkata, "Katakan saja apa yang telah terjadi?"
Kemudian Abu Darda menceritakan tentang pernikahannya dengan gadis pujaan Salman al Farisi.
 
Mendengar penuturan Abu Darda, Salman tidak lantas marah dan memaki Abu Darda karena menganggap telah menghianati sahabatnya sendiri. 
Dengan keteguhan hatinya Salman berkata, "Sesungguhnya akulah yang lebih berhak untuk malu, dan untuk melamarnya, sedangkan Allah telah menetapkan perempuan itu untukmu."
 
Belajarlah dari Salman al Farisi bagaimana menerapkan keyakinan kepada Allah mengenai takdir, terimalah keadaan ketika orang yang kita cintai menikah dengan orang lain, tiadalah seorang lelaki menikahi seorang wanita melainkan sudah Allah takdirkan untuknya.
 
 
 
Sumber: kisahsahabat.com
foto ilustrasi: hipwee.com







Artikel Menarik Lainnya

Posted on 2015-10-22 19:00