Apakah Wadah Plastikmu Aman? Pelajari ini!

Posted on 2016-01-10 08:19





Banyak peralatan rumah tangga yang kita gunakan sehari-hari terbuat dari plastik. Namun apakah semua produk-produk dari plastik yang kita gunakan selama ini aman bagi kesehatan tubuh kita? Yuk kita mengenal jenis-jenis plastik dan arti kode plastik yang biasanya tertulis pada wadah plastik biar kita gak salah pilih.

Plastik dengan PETE/PET (polyethylene terephthalate) cuma bisa sekali pakai. Kalau sering dipakai apalagi untuk menyimpan air panas, bakal bikin lapisan polimernya (yang bisa memicu kanker) meleleh.

  

HDPE (high density polyethylene) punya sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram, dan lebih tahan pada suhu tinggi. Tapi sama kayak PETE, cuma bisa sekali pakai.

 

PVC (polyvinyl chloride) dikenal sebagai jenis plastik yang paling susah didaur ulang dan terkandung pada plastik pembungkus (cling wrap) dan botol. Jadi, gak bisa dipake terus-terusan

 

LDPE (low density polyethylene) ini kuat, tembus pandang, fleksibel, dan punya daya proteksi terhadap uap air yang baik. Tipe ini baik untuk tempat makanan.

 

PP (polypropylene) ini bisa dibilang bahan plastik terbaik buat nyimpen makanan karena lebih kuat, punya daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, & stabil terhadap suhu tinggi.

 

PS (polystyrene) ini selain berbahaya buat kesehatan otak dan reproduksi, juga susah didaur ulang. Contohnya ada pada tempat makan styrofoam.

 

Ada beberapa macam plastik dengan simbol ini, dan bisa ditemuin pada botol minum olahraga, botol susu bayi, komputer, alat elektronik, bahkan mainan.

Mengenal jenis plastik penting lho supaya kita bisa membedakan mana plastik yang aman dan mana plastik yang berbahaya bagi kesehatan. Jadi, mulai sekarang berhati-hati ya

 

sumber: pulsk/caklesmana







Artikel Menarik Lainnya

Posted on 2015-12-07 17:06